Rabu, 25 Januari 2012

Contoh Soal Uji Kompetensi Sertifikasi Guru SD 2012

Sistem rekruitmen peserta sertifikasi guru tahun 2012 ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, selain usai dan masa kerja, calon perserta sertifikasi guru 2012 akan melalui tahap uji kompetensi awal terlebih dahulu. 
Menurut Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, Rabu (21/9/2011) di Jakarta, guru-guru yang lolos syarat administrasi dan tes sertifikasi bakal mengikuti pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG). Kesempatan ini untuk memperkuat empat kompetensi guru yakni pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Adapun guru yang belum lolos harus diberi pengayaan supaya bisa berhasil.
Dengan model ini, menurut Nuh, sertifikasi guru juga sekaligus untuk memetakan kompetensi guru di seluruh Indonesia. “Ini juga untuk memperbaiki keluhan soal guru mismatch. Sekarang kita tidak tahu pemetaannya,” ujar Nuh.
Senada dengan Mendiknas, Syawal Gultom, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Kemendiknas, menambahkan bahwa seleksi secara administrasi dilakukan dengan mengikuti nomor unik pendidik tenaga kependidikan (NUPTK) online yang telah dibuat Kemendiknas. Adapun tes tertulis nanti dilaksankan di tiap kabupaten/kota dengan soal-soal yang memenuhi standar nasional.
“Kita ingin guru-guru yang lulus sertifikasi itu yang memang sudah melewati batas kelulusan tertentu. Ketika ikut PLPG nanti, di akhirnya juga tetap ada tes. Kita ingin memastikan guru yang lulus sertifiaksi benar-benar guru yang sudah menguasai empat kompetensi sebagai guru profesional,” papar Syawal.
Untuk itu, calon peserta sertifikasi guru 2012 perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian awal kompetensi tersebut.
Berikut, kami sajikan contoh soal yang mungkin bapak/ibu guru butuhkan sebagai acuan atau setidaknya bisa digunakan sebagai latihan. Silakan di download pada link yang kami sediakan
1. Soal Uji Kompetensi Kepribadian
2. Soal Uji Kompetensi Pedagogik
3. Soal Uji Kompetensi Pedagogik dan Profesional
4. Soal Uji Kompetensi Sosial

Semoga bermanfaat...

2 komentar:

Anonim mengatakan...

terimakasih atas contoh-contoh soalnya mudah@an dapat membantu... luar biasa dan suuuupeeer..

ahmad mengatakan...

salam kenal

Poskan Komentar