Sabtu, 26 Februari 2011

KETERPADUAN IT DALAM PENDIDIKAN

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam untuk semua.

Saat ini perkembangan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) sudah sedemikian pesatnya, terutama di daerah perkotaan. Seperti kita ketahui bersama, adanya kebijakan dalam rangka mengintegrasikan TIK kedalam pendidikan merupakan suatu terobosan yang diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Namun, sejauh ini pengembangan TIK masih terkonsentrasi di daerah-daerah perkotaan saja.
Bagaimana dengan daerah-daerah terpencil...?
Bukankah saudara-saudara kita yang didaerah terpencil memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan yang layak.

Kenyataan yang ada saat ini, kita masih mendapati besarnya kesenjangan pendidikan antara daerah-daerah terpencil dibandingkan dengan daerah perkotaan. Banyak faktor yang menyebabkan terjadi kesenjangan ini, salah satunya adalah distribusi guru yang belum merata.
Kondisi ini diperparah dengan tidak sesuainya kualifikasi guru yang mengajar suatu mata pelajaran.

Untuk saat ini, keberadaan Paket B yang digulirkan PLS dirasakan cukup membantu, walaupun dirasakan masih banyak kekurangan dan perlu perhatian khusus dari PLS.
Sebagai contoh, keberadaan Tutor yang memberikan materi di Paket B, masih diambil dari Guru SD setempat. Selain itu, ketidaktersediaannya modul-modul belajar dirasakan sangat menghambat proses transfer pengetahuan dari guru kepada peserta didik.

Yang seharusnya menjadi pemikiran kita adalah bagaimana dengan mengintegrasikan Teknologi Informasi & Komunikasi ke dalam pendidikan, kita mampu memperkecil kesenjangan pendidikan yang terjadi antara daerah terpencil dengan daerah perkotaan.

Walaupun tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk mewujudkan semua itu, tetapi jika kita tidak pernah mecoba untuk melakukannya kita tidak akan pernah tahu akan kemampuan kita.

Wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar