Senin, 12 Desember 2011

Trik Cepat Mencari Akar Pangkat Tiga

Banyak para siswa SD sangat kesulitan dalam menghitung soal Akar Pangkat Tiga. Disini saya coba menulis bagaimana cara cepat untuk mengerjakan soal Akar Pangkat Tiga tanpa rumus dengan mudah dan cepat.


Dengan metode ini saya berharap siswa dapat mengerjakan soal dalam hitungan detik. Memang cara cepat ini tidak mementingkan konsep dalam pengerjaannya, tetapi jika kita lihat soal-soal UASBN yang menerbitkan soal-soal akar yang rumit dan variatif dan membutuhkan waktu yang lumayan lama karena memakai bermacam-macam metode untuk mendapatkan jawabannya.


Metode yang digunakan biasanya yaitu :
  1. Trial Error : Mencari 3 angka yang sama untuk dikalikan, jika belum ditemukan cari terus 3 angka tersebut sehingga ditemukan hasil dari akar pangkat tiga tersebut.
  2. Faktor Prima : Mencari faktor prima dari akar pangkat tiga tersebut, secara berantai.
  3. Pakai kalkulator..he..he.
Lihat contoh dibawah. Dengan menggunakan metode dibawah dijamin siswa dapat menghitung akar pangkat tiga dengan cepat, karena mereka hanya melihat digit ke-1 dan ke-2 saja. Mari kita lihat contoh berikut :







Jadi mudah bukan dengan rumus cepat matematika ini siwa tidak harus menggunakan metode yang panjang lebar dan memusingkan cukup dengan rumus matematika yang simpel.

1 komentar:

animateholic mengatakan...

nambah ilmu nih

Posting Komentar